Free-Widget-Animasi

Sabtu, 20 Juli 2013

DIPLOMA ? SARJANA ?

Pertama masuk di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, ketika itu ada sebuah acara penugasan angkatan namanya "Yudhisium", yaitu acara penyambutan para wisudawan-wisudawati dari Graha ITS menuju PENS. Acaranya masih di Graha ITS, karena lulusan tahun itu masih PENS-ITS =)
Nah di acara itu, ada sebuah mars yang liriknya menarik untuk didengar :

"Siapa Bilang Diploma itu Beda
Diploma sama dengan Sarjana"

Ketika mendengar itu, ada rasa penasaran yang terbesit di pikiranku, sebenarnya apa sih yg membedakan antara Diploma dan Sarjana? karena saat itu status saya masih sebagai Mahasiswa Baru 2012, jadi masih belum tau banyak tentang hal itu. Dan disini, saya mencoba share info dari sumber yang sudah saya dapatkan :
DIPLOMA VS SARJANA

Judulnya mungkin agak mengerikan, seperti terjadi sebuah perselisihan, tapi entahlah itu hanya sebuah judul untuk menarik perhatian pembaca =)




Diploma terdiri dari D1, D2, dan D3 itu umumnya. Namun ada jenjang yang terbaru yaitu D4. Sedangkan Sarjana namanya sudah tidak asing lagi, ada S1, S2, dan S3. Yang pertama, Diploma. Diploma adalah program non gelar dimana didalam program itu, Mahasiswa akan mendapatkan materi akademik yang lebih sedikit namun lebih aplikatif daripada program diatasnya, Sarjana. Untuk D1 akan menempuh sebanyak 32 SKS dalam masa pendidikan 1 tahun tanpa gelar. Untuk D2 akan menempuh 64 SKS dalam masa pendidikan 2 tahun tanpa gelar juga. Sedangkan untuk D3, akan menempuh 112 SKS dalam masa pendidikan 3 tahun dengan gelar A.Md (Ahli Madya). Dan yang terbaru adalah D4. Istilah D4 ini masih asing di telinga masyarakat Luar, sebenarnya D4 setara dengan S1 (Sarjana) dalam hal masa pendidikannya, yaitu 4 tahun dan juga dilihat dari jumlah SKS yang diambil, sebanyak 144 SKS. Tetapi apabila dilihat dari kurikulumnya, D4 menitikberatkan pada skill sehingga 60% praktek dan 40% teori. Sebaliknya pada S1, lebih menekankan pada aspek analitis dengan 40% praktek dan 60% teori. Diharapkan Lulusan D4 ini siap untuk bekerja. Untuk D4 ini juga, gelar yang diberikan adalah S.S.T (Sarjana Sains Terapan). Keunggulan dari jenjang diploma ini adalah mahasiswa akan mendapatkan materi yang lebih mengedepankan aplikasi kerja dan keterampilan secara spesifik. Selain itu, Mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan pelatihan kerja di perusahaan (on the job training, atau lebih dikenal dengan istilah magang kerja) sehingga, meskipun lulusan Diploma nggak punya gelar yang keren, tetapi mereka punya pengalaman yang oke =)

Berikutnya yang kedua, yaitu Sarjana. Nah, istilah Sarjana sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat dan paling banyak diminati oleh calon-calon mahasiswa. Program Sarjana ini terbagi menjadi 3 yaitu, Strata 1(S1), Strata 2 (S2), dan Strata 3 (S3). Program S1 rata* ditempuh dalam waktu 4 tahun, tapi itu bisa kurang dan bisa lebih, tergantung masing* individu yang menjalani, jumlah materinya sekitar 144 SKS. Lulusan Sarjana akan mendapatkan gelar Sarjana yang sesuai dengan jurusan masing*. Misal Sarjana Fakultas Hukum, maka gelarnya adalah Sarjana Hukum (S.H).

Secara singkatnya, Perbedaan Diploma dan Sarjana adalah sbb :

DIPLOMA :
1. Lebih cepet Kuliahnya
2. Materi pendidikannya teori praktis dan lebih mengarah ke aplikasi kerja
3. Non Gelar (khusus D1 dan D2)
4. Biaya pendidikan cukup ringan
5. Kebanyakan masa studinya sesuai dengan target jenjang diplomanya
6. Di masa ini lebih banyak dilirik oleh perusahaan karena memiliki lisensi kerja pada saat magang

SARJANA :
1. Lebih lama kuliahnya
2. Materi pendidikan full teoritis, kecuali ilmu terapan (contoh : ilmu komunikasi)
3. Mendapatkan Gelar
4. Biaya pendidikan mahal
5. Masa studi bisa dipercepat dan diperlambat
6. Banyak dimiliki oleh perguruan tinggi

Nah, dari ulasan diatas pada dasarnya Diploma dan Sarjana itu tidak ada yang membedakan. Hanya konsep pendidikan dan gelarnya saja yang berbeda. Selebihnya tidak ada perbedaan yang mecolok, semua tergantung dari kepentingan kita dalam menuntut ilmu dan visi kita setelah menempuh pendidikan.

.... Yang bilang Diploma itu Beda
Hanya orang tidak pernah kuliah !! "

Semoga artikel ini bermanfaat =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik akan selalu menambahkan saran ataupun kritikan untuk penulis agar lebih baik kedepannya ^_^